Peralatan Kami

Peralatan Rekam

Peralatan rekam kami meliputi:

  • Mirrorless Canon EOS M100
  • Action cam Xiaomi Yi Discovery

Kami merekam dalam resolusi Full HD (1080p) 30 (29,97)FPS

Mirrorless Canon EOS M100
Xiaomi Yi Discovery
Yi Discovery dan M100

Sedikit catatan, Xiaomi Yi Discovery merupakan Action Cam. Dan pada Action Cam umumnya menggunakan wide lens dengan Field Of View lebar, 150 derajat pada Yi Discovery. Jadi hasil rekamnya terdapat efek fish-eye (pada long atau panoramic shot, efek fish-eye sengaja ditampilkan)

Peralatan Sunting

Peralatan sunting atau video editing kami meliputi:

Urusan sofware, sebenarnya saya tidak pernah menyentuh ranah video editing sebelumnya. Bertahun-tahun saya habiskan untuk oprek software produksi musik (DAW) seperti Cakewalk, Fruity Loop, Ableton, dan software olah grafis Photoshop, tapi memang jarang sekali menyentuh sofware editing video.

Tentu awalnya Adobe Premiere menjadi pilihan saya, tapi begitu mencoba Premiere, sepertinya software ini mempunyai learning curve yang cukup tinggi, dengan kata lain, agak susah untuk sekedar memahami workflow dan menambahkan ini-itu. Susah untuk dipelajari dari nol, setidaknya untuk saya. Final Cut saya coret, karena sudah pasti butuh perangkat Mac.

Browsing sana-sini, sampailah saya pada DaVinci Resolve 16. Software ini mudah digunakan, workflow jelas, menu dan penjelasannya mudah dipahami bagi saya yang baru belajar. Fitur-fiturnya banyak, dan yang paling penting, GRATIS. Yes, you read me right. DaVinci Resolve is a free software. Fitur-fitur yang lebih canggih ada pada versi Resolve Studio yang berbayar, tapi versi Resolve 16 yang gratis sudah lebih dari cukup untuk menyunting video kecil-kecilan.

DaVinci Resolve 16 versi gratis
DaVinci Resolve 16

ASUS Vivobook A412DA merupakan laptop mid-end yang lumayan mumpuni. Ditenagai AMD Ryzen 3500U berpasangan dengan Radeon Vega 8, laptop ini masih sanggup menyunting clip video 1080p. Supaya makin gesit, laptop ini sudah saya upgrade dengan RAM 12GB dan NVMe SSD.

ASUS Vivobook A412DA

Kami juga menggunakan Headphone dan microphone built-in JBL T450 untuk monitoring audio dan merekam voice-over saat proses editing.

JBL T450

Tentunya jika ada rejeki lebih, kami akan meningkatkan perangkat kami. Tapi untuk saat ini, perangkat tersebut diatas sudah cukup untuk memproduksi konten dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Jika kalian punya rekomendasi perangkat, kamera, atau rekomendasi setting tertentu, atau apapun, silahkan tinggalkan komentar. Rekomendasi dan saran yang berguna selalu kami terima untuk produksi yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *