Pandemi, oh pandemi..

Pada akhir tahun 2019 lalu, dunia dikejutkan dengan wabah penyakit baru. COVID-19 atau Corona Virus Disease 2019. Wabah itu dengan cepat menyebar dari negeri asalnya Tiongkok keseluruh dunia. WHO pun sudah mendeklarasikan COVID-19 sebagai pandemi global.

Awal Maret 2020, Indonesia mengumumkan kasus positif COVID-19 pertama. Sejak itu – sampai tulisan ini dibuat- sudah ada seratusan kasus positif COVID-19 di negeri ini.

Anjuran dan imbauan pemerintah untuk mengurangi dan mencegah penyebaran COVID-19 adalah dengan mengurangi kegiatan di luar rumah, mengurangi dan -sebisa mungkin- menghindari keramaian, bekerja, belajar, dan beribadah dirumah. Dan juga selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri masing-masing.

Kamipun sebenarnya sudah aware dengan pademi ini. Sejak akhir Februari 2020 lalu, kami sudah mengurangi aktifitas di luar rumah. Banyak rencana kami untuk jalan-jalan dan membuat video outdoor akhirnya tertunda. Dan penundaan itu semakin diperkuat dengan status darurat bencana yang ditetapkan pemerintah akhir-akhir ini.

Sejumlah tempat wisata di Jakarta ditutup selama 2 minggu, sekolah diliburkan, dan sejumlah kantor juga “merumahkan” karyawannya untuk menjaga agar virus ini tidak menyebar kemana-mana.

Alhasil, kami pun mulai aktif di rumah saja. Kegiatan outdoor yang tidak terlalu penting kami tunda atau batalkan. Bahkan biasanya weekend hanya sekadar jalan-jalan ke Mall pun, kami berpikir dua kali. Bukan apa, ini semua demi upaya melindungi diri kami -dan orang sekitar kami- juga sebagai mencegah penyebaran virus COVID-19.

Kami juga mungkin akan membuat konten video yang tidak perlu jalan ke keramaian atau outdoor, seperti konten video dari dalam rumah, atau sejenisnya. Hal itu masih kami pikirkan lebih lanjut, konten apa yang bisa kami buat.

Sedikit pesan untuk kalian -yang juga mungkin sedang berdiam diri dirumah-. Selalu jaga kebersihan dan kesehatan, Jangan pergi ke tempat keramaian (kecuali urusan penting). Jangan malah libur jadi kesempatan “liburan”.

Ingat, imbauan pemerintah ini bertujuan untuk mencegah dan mengurangi penyebaran dan ruang gerak virus. Jika kalian malah liburan, atau memanfaatkan kesempatan ini untuk bepergian untuk hal yang tidak perlu, bukan tidak mungkin kalian malah memperbesar kemungkinan terpapar virus ini.

Ada banyak cara kreatif dan tetap produktif walau di rumah. Kuncinya adalah jangan panik, tapi tetap waspada. Stay safe, guys!