Tentang Subscriber

Subscriber adalah pengikut. Orang yang mengkonsumsi, menyukai, dan selalu menantikan konten-konten yang kita buat.

Dua kalimat diatas itu saja adalah definisi subscriber untuk kami.

Banyak cara menambah subscriber pada channel Youtube. Yang utama adalah konsisten membuat konten, sajikan konten yang menarik, baik itu informasi dan narasi kontennya.

Banyak juga cara menambah subscriber secara instan. beli subscriber, ikut grup saling subscribe, atau minta subscribe balik pada channel lain, dan sebagainya. Kami tidak, dan tidak mau melakukan itu.

Sesuai dengan definisi diatas, subscriber adalah orang-orang yang mengkonsumsi dan menyukai konten yang kami buat. Anda suka dengan konten-konten kami? silahkan subscribe channel kami. Anda tidak suka? jangan subscribe. Itu hak Anda, bukan?

Tapi jangan subscribe channel kami dengan tujuan dan harapan supaya kami subscribe balik. Kalau memang kami suka dengan konten Anda, kami akan subscribe. Tapi kalau kami tidak suka, kami tidak akan subscribe.

Se-simple itu, sih. Suka, silahkan subscribe. Tidak suka, jangan subscribe.

Sebut kami sombong atau apa, tapi buat kami inilah kejujuran. Kami mau subscriber kami adalah orang-orang yang benar-benar menonton, dan menyukai konten-konten yang kami buat. Bukan subscriber bodong hasil saling subscribe atau apa. Itu saja.